large image
KEPALA PERANGKAT DAERAH

H. ANDI AFFANDI, S.Sos.
NIP. 19681006 198803 1 001
SEKILAS KOTA CILEGON
PENGUMUMAN
AGENDA
PUSAT UNDUHAN
Klik Gambar di Bawah ini
LINK TERKAIT


Membangun Karakter dengan Revolusi Mental
Kategori Berita | Diposting pada : 2018-03-07 -|- 01:05:00 oleh Admin
Bagikan Artikel ini :

kesbangpol.cilegon.go.id - Badan Kesbangpol Kota Cilegon telah mengadakan Sosialisasi Gerakan Nasional Revolusi Mental Tingkat Kota Cilegon Tahun 2018. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Kamis, 22 Februari 2018 di Aula Setda II Kota Cilegon. Peserta dari kegiatan sosialisasi ini adalah perwakilan unsur Dinas/Badan/Kantor/Camat/Lurah se-Kota Cilegon dan unsur TNI dan Polri.


Revolusi Mental adalah perubahan cara fikir, sikap, prilaku, dan cara kerja pemerintahan yang mengacu pada nilai-nilai strategis instrumental yaitu integritas, etos kerja, dan gotong royong berdasarkan pancasila, agar indoneisa menjadi negara yang maju, modern, makmur, sejahtera, dan bermartabat.


Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM) dilaksanakan sesuai dengan Instruksi Presiden Nomor 16 Tahun 2016 yang dilatarbelakangi untuk membangkitkan kembali semangat perubahan berkemajuan bangsa Indonesia yang berdaulat dalam politik, berdikari dalam bidang ekonomi dan berkepribadian pada bidang kebudayaan.


Beberapa masalah mendasar yang dialami oleh bangsa ini diantaranya adalah krisis integritas dan polemik korupsi dalam penyelenggaraan negara dan praktik di masyarakat, selain itu lemahnya etos kerja, kretivitas, dan daya saing membuat negara kita tertinggal dibandingkan negara-negara yang lain selain itu krisis identitas ditandai dengan melemahnya budaya gotong royong yang merupakan aset sosial-budaya Indonesia.


Corruption Perpection Index (CPI) yang dikeluarkan oleh Transparancy Internasional pada tahun 2015 memberikan indonesia pada peringkat 88 dari 168 negara dan jauh dibawah beberapa negara tetangga di asia tenggara dalam hal masalah korupsi.


Dengan Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM) di Kota Cilegon diharapkan dapat memperbaiki dan membangun karakter yang mengacu pada nilai-nilai integritas, etos kerja, dan gotong royong untuk membangun budaya bangsa yang bermartabat, modern, maju, dan sejahtera berdasarkan Pancasila di lingkungan Pemerintah Kota Cilegon.


Pedoman Gerakan Nasional Revolusi Mental di Kota Cilegon dapat kita uraikan dalam beberapa program diantaranya :



  1. Program Gerakan Kota Cilegon Melayani.

  2. Program Gerakan Kota Cilegon Bersih.

  3. Program Gerakan Kota Cilegon Tertib.

  4. Program Gerakan Kota Cilegon Mandiri.

  5. Program Kota Cilegon Bersatu .


Selain itu untuk mencapai tujuan Revolusi Mental di Kota Cilegon diperlukan gerakan yang menyeluruh di semua aspek kehidupan dengan melibatkan komponen bangsa dalam bentuk Gerakan Nasional Revolusi Mental, aspek tersebut dapat di tuangkan dalam aspek struktural, aspek kultural, dan aspek prosesual.


Diharapkan beberapa program di atas dapat diaplikasikan dan dilaksanakan secara sungguh-sungguh pada kegiatan pemerintahan dan bermasyarakat serta dijadikan landasan dalam melakukan gerakan perubahan ke arah yang lebih baik lagi sehingga pembangunan, kesejahteraan, dan derajat kemajuan masyarakat di Kota Cilegon optimal. (AR)



List Berita Lainnya
KONTAK
Klik Gambar di Bawah ini
POOLING

Bagaimana pendapat anda tentang website kami?

Kurang
Cukup
Sangat Bagus

Hasil Polling
DOKUMENTASI
SOSIAL MEDIA