large image
Sejarah
Bagikan Artikel ini :

SEJARAH BADAN KESBANGPOL KOTA CILEGON

 

Badan Kesatuan Bangsa dan Politik yang sebelumnya bernama Badan kesatuan Bangsa dan Perlindungan Masyarakat Kota Cilegon, dibentuk berdasarkan Peraturan Daerah Nomor 6 Tahun 2008 tentang Pembentukan Organisasi Lembaga Teknis Daerah Kota Cilegon. Sebelum disahkannya Peraturan Daerah Kota Cilegon No.4 Tahun 2007 tentang pembentukan organisasi dan tata kerja Badan Kesatuan Bangsa, Perlindungan Masyarakat dan Politik Kota Cilegon, SKPD ini bernama Badan Kesatuan Bangsa, Perlindungan Masyarakat dan politik (Kesbanglinmas & Pol) Kota Cilegon, setelah ditetapkannya peraturan Daerah Kota Cilegon nomor 6 tahun 2008, maka penamaan SKBD menjadi Badan Kesatuan dan Perlindungan Masyarakat (Badan Kesbang dan Linmas) Kota Cilegon.

Seiring dengan arah kebijakan pembangunan jangka panjang kota cilegon terkait dengan Tupoksi Badan Kesbang Dan Linmas Kota Cilegon, yaitu menegakan supremasi hukum dan menjamin terciptanya keamanan, ketertiban dan ketahanan wilayah melalui partisipasi aktif masyarkat dan peningkatan kapasitas aparat. Dalam perjalanan aktifitas Badan Kesbang dan Linmas Kota Cilegon, pada tahun 2014 berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2007 Tentang Penanggulangan Bencana dan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2008 Tentang Penyelenggaraan Penanggulangan Bencana, maka Subid. Penanggulangan Bencana telah ditingkatkan menjadi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Cilegon. 

Pada pertengahan tahun 2015 kegiatan yang terkait dengan penanggulangan bahaya narkoba dengan beberapa kegiatan seperti penyuluhan dan sosialisasi penyalahgunaan narkoba dan kegiatan hari peringatan anti narkoba dilaksanakan oleh Bidang Organisasi dan Penanganan Konflik, sesuai dengan Undang-Undang nomor 35 Tahun 2009 tentang narkotika dan peraturan presiden nomor 23 tahun 2012 tentang Badan Narkotika Nasional. Salah satu ketentuan yang diatur adalah mengenai pembentukan Badan Narkotika Nasional yang dimaksudkan untuk mencegah dan memberantas penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika dan precursor narkotika, maka pada tahun 2015 Telah terbentuk Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Cilegon.

Seiring bertambahnya tahun, Badan Kesatuan Bangsa dan Perlindungan Masyarakat (Kesbang dan Linmas) Kota Cilegon berganti menjadi Badan Kesatuan  Bangsa dan Politik Kota Cilegon berdasarkan Perda Nomor 6 Tahun 2008. Perda Nomor 3 Tahun 2016 menjadikan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) di mana salah satu bidang yaitu Bidang Perlindungan Masyarakat (Linmas) dikeluarkan dan sebagai penggantinya adalah Bidang Politik, maka dengan perubahan Nomen Kulatur tersebut tentu program yang dulunya ditangani oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Perlindungan Masyarakat Bidang Linmas dilimpahkan kepada Badan Satuan Polisi Pamong Praja. 

KONTAK
Klik Gambar di Bawah ini
POOLING

Bagaimana pendapat anda tentang persatuan dan kesatuan bangsa di Kota CIlegon?

Semakin Kuat
Semakin Lemah
Tidak Tahu

Hasil Polling
DOKUMENTASI
SOSIAL MEDIA